Interval Berapa KM Ganti Oli Mobil Matic ?

1 min read

Interval Berapa KM Ganti Oli Mobil Matic ?
5
(1)

Fachri Otomotif, Interval Berapa KM Ganti Oli Mobil Matic ? | Apakah Anda tahu tentang berapa km ganti oli mobil matic ?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang sebaiknya berapa km ganti oli mobil matic.  Mengetahui cara cek oli transmisi mobil matic sangatlah penting untuk dilakukan. Namun, tahukah Anda sebaiknya kapan oli untuk trasnmisi mobil AT harus diganti. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai berapa km ganti oli mobil matic secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Interval Berapa KM Ganti Oli Mobil Matic atau Berapa Bulan Sekali

Interval Berapa KM Ganti Oli Mobil Matic ?
Interval Berapa KM Ganti Oli Mobil Matic ?

Saya pengguna mobil crown jenis otomatis sudah lama saya pakai sekarang saya punya masalah kenapa kalau jalan pindah ke gigi 2 hentakannya kasar ?. Dari gigi 2 ke gigi 3 kok terasa lama dan mesin meraung dengan kecepatan RPM 3000 an belum pindah juga. Oli persneling ganti setiap ganti oli mesin.

Sebelum kita membahas masalah yang dihadapi transmisi otomatis Crown sebaiknya kita mencari tahu penyebabnya. Setahu kami automatic transmission atau AT bebas perawatan dan sangat awet selama kita melakukannya dengan benar.

Waktu yang Tepat Ganti Oli Transmisi Mobil Matik

Sampai sekarang kami yakin bahwa penggantian oli pada transmisi automatic transmission dilakukan secara rutin setiap 50.000 km atau bahkan bisa sampai 80.000 hingga 100.000 km. Memang ada rekan rekan kami yang mengusulkan untuk tidak selama itu mengingat tingkat kelembaban udara di negara kita relatif cukup tinggi.

Persoalan berikutnya bagaimana cara mengganti oli AT ini ?. Saran kami adalah dengan menggunakan alat khusus yang bisa menghisap keluar oli AT. Termasuk yang ada di converternya. Usahakan agar proses ini berjalan di daerah yang minim debu.

Jika memungkinkan ruang bebas debu karena perlu diingat saluran-saluran minyak AT dan saringan-saringan nya di dalam transmisi sangat halus atau kecil sehingga jika kita tidak jaga kebersihannya, kerja minyak AT ini tidak lancar. Tentu pada akhirnya perpindahan gigi akan terasa kasar atau terkadang lambat.

Kita bisa umpamakan oli AT ini sebagai darah dalam transmisi otomatis. Jika aliran darah ini ada yang terganggu tentunya akan ada fungsi yang terganggu pula. Memang ada hal hal pendukung yang lain seperti sistem kelistrikan dan komputerisasi bagi AT yang sudah menggunakannya atau sistem mekanis untuk AT lama. Akan tetapi, tetap oli AT inilah yang memikul tanggung jawab utama.

Yang menjadi tanda tanya bagi kami kenapa tiap kali ganti oli mesin, oli AT juga diganti ?. Dengan cara apa ?. Berapa liter yang dapat dikeluarkan dan berapa liter yang masuk ?. Apakah tipe apa bukan merk oli AT yang dipilih sudah disesuaikan dengan rekomendasi pabrik ?. Sudahkah membersihkan saringan dalam transmisi otomatisnya?.

Jika masalah ini belum lama terjadi sebaiknya dibawa ke bengkel Toyota untuk diperiksa dan diperbaiki karena jika dibiarkan berlarut-larut biaya perbaikan akan menjadi sangat besar.

Baca Juga: Ini Penyebab Persneling Mobil Manual Keras

Penutup

Demikian sekilas yang dapat Fachri Otomotif bagikan, uraian tentang ganti oli mobil matic sebaiknya berapa bulan sekali ?. Dimana ada baiknya pemilik mobil matic rajin mengganti oli transmisi sesuai yang dianjurkan pabrikan atau seperti tertera di buku manual, toh juga biaya ganti oli mobil yag masih terbilang murah. Dibanding jika terjadi kerusakan pada mesin mobil Anda. Semoga artikel ini bermanfaat serta dapat membantu para pembaca. Dan sampai jumpa lagi di artikel tips berikutnya. Sekian dan terimakasih telah mengunjungi fachriotomotif.com.

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *