Mudah! Cara Mencegah Korosi Pada Kolong Mobil Anda

2 min read

Mudah! Cara Mencegah Korosi Pada Kolong Mobil Anda
5
(1)

Fachri Otomotif, Mudah! Cara Mencegah Korosi Pada Kolong Mobil Anda | Tanpa basa-basi lagi, panduan kali ini seputar cara mencegah korosi pada kolong mobil. Dalam artikel yang kami bagikan pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan beberapa poin tentang cara mencegah korosi pada bawah mobil.

Kolong mobil menjadi salah satu bagian dari kendaraan mobil yang kurang diperhatikan oleh pemiliknya. Letaknya yang berada di bawah mobil dan tidak mudah terlihat menjadi alasan utama sering lupa dibersihkan. Saat musim hujan sekarang ini, Anda bisa baca artikel Tips dan Cara Mengendarai Mobil Saat Banjir.

Cara Mencegah Korosi Pada Kolong dan Karat Mobil Anda

Cara Mencegah Korosi Pada Kolong dan Karat Mobil Anda
Cara Mencegah Korosi Pada Kolong dan Karat Mobil Anda

Kemudian disarankan untuk lebih memperhatikan bagian kolong mobil. Pasalnya pada bagian ini sering terjad korosi atau karat yang disebabkan reaksi antara logam dengan oksigen dan hidrogen (air). Oleh karena itu, Anda bisa memulai membaca artikel mengenai cara mencegah korosi pada kolong mobil secara lengkap dibawah ini.

Musim hujan telah datang dengan curah hujan yang cukup tinggi. Hal ini tentu saja menjadi tantangan tersendiri bagi Anda. Mengingat air hujan yang menggenang di jalan-jalan dapat menyebabkan korosi dan karat pada mobil atau motor Anda, terutama pada bagian bawah mobil.

Apalagi lagi, jika terjadi banjir dan membuat mobil Anda terpaksa harus terendam air. Pada musim hujan saat ini hingga menyebabkan banjir. Disarankan untuk Anda mengapa mobil Anda perlu diberi lapisan underbody coating dikarenakan adanya kerikil-kerikil di jalan. Jika Anda sering melewati jalanan berbatu dan berlubang. Bagian kolong mobil Anda dapat mengalami kerusakan akibat benturan dengan kerikil.

Pada dasarnya, underbody coating sudah teraplikasi pada mobil Anda pada saat pembelian, namun bisa jadi hal tersebut tidak sanggup bertahan lama karena lapisan yang diberikan sangatlah tipis. Akibatnya, pada saat Anda mencuci atau steammobil, lapisan tersebut dapat tercampur dengan air.

Ada dua cara mudah untuk mencegah kerusakan pada bagian kolong mobil Anda.

1. Anda dapat secara rutin membersihkan bagian bawah mobil.

Cara ini mungkin baik untuk mencegah bagian kolong mobil Anda dari korosi atau karat akibat cipratan genangan air ataupun air hujan. Tetapi cara tersebut kurang efektif untuk melindungi bagian kolong mobil Anda dari efek benturan kerikil serta steam atau cuci mobil secara rutin.

a. Mencuci kolong mobil menggunakan hidrolik

Cara mudah lainnya dalam mencegah karatan pada kolong mobil adalah mencuci dengan menggunakan hidrolik. Langkah ini dinilai efektif karena Carmudian bisa mengetahui sampai mana karatannya terjadi.

Namun, cara ini memiliki kelemahan, yaitu membutuhkan biaya yang cukup mahal, serta tidak bisa dilakukan di rumah. Ini dikarenakan hidrolik tidak semudah dan semurah itu didapatkan.

b. Mencuci steam mobil

Langkah lainnya adalah mencuci bagian steam mobil jika terdapat kotoran seperti lumpur, tanah, dan air hujan sampai benar-benar bersih. Setelah dicuci bersih, semprot lapisan undercoat agar bagian kolong mobil tidak mudah karatan jika terkena air hujan ataupun banjir.

Bagian lain yang perlu disemprot adalah spatbor, lantai bawah mobil, panel bagian pintu, panel bawah mobil, dan bagian lainnya yang mudah berkarat jika terkena air.

Disarankan sebelum disemprot, bagian ban ditutupi terlebih dahulu agar cairan tidak terkena ban. Kemudian, tunggu sampai semua bagian kering agar perlindungan yang diberikan bisa maksimal.

2. Cara lainnya untuk memberikan proteksi yang lebih lengkap pada bagian bawah mobil Anda adalah dengan mengaplikasikan underbody coating.

Menggunakan produk underbody coating yang terjamin ketebalan dan kekuatannya bisa jadi faktor penting dalam menangani karat dan benturan. Proses pelapisan biasanya tidak akan memakan waktu lama yaitu sekitar 2 hingga 4 jam.

Namun sangat disarankan agar bagian kolong mobil Anda tidak disiram selama seminggu dan tidak langsung mengendarai mobil Anda selepas proses pelapisan tersebut. Sehingga, lapisan underbody coating akan melindungi bagian kolong mobil untuk waktu yang lebih lama dan perawatan yang optimal juga dapat membantu memperpanjang usia mobil Anda.

Baca Juga: Tips Aman Berkendara Mobil Saat Hujan

Penutup

Demikian sekilas yang dapat Fachri Otomotif bagikan, uraian tentang Cara Mencegah Korosi Pada Kolong Mobil Anda. Sebenarnya, prinsip mencegah korosi dan karat pada mobil sama dengan menghilangkan karat pada logam atau benda-benda di rumah. Jika karat dan korosi pada kolong mobil, maka mobil tersebut akan terlihat rapuh. Maka dari itu, karat harus dihilangkan agar mobil Anda tetap terlihat menarik dan tidak cepat rusak, khususnya pada bagian bawah mobil yang memiliki banyak komponen mesin penting bagi kelangsungan mobil saat dibawa berkendara. Semoga artikel ini bermanfaat serta dapat membantu para pembaca. Dan sampai jumpa lagi di artikel tips berikutnya. Sekian dan terimakasih telah mengunjungi fachriotomotif.com.

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

One Reply to “Mudah! Cara Mencegah Korosi Pada Kolong Mobil Anda”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *