Ciri Kabel Kopling Mobil Harus Diganti Karena AUS

2 min read

Ciri Kabel Kopling Mobil Harus Diganti Karena AUS
5
(1)

Fachri Otomotif, Ciri Kabel Kopling Mobil Harus Diganti Karena AUS | Apakah Anda tahu tentang ciri kabel kopling mobil harus diganti ?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang ciri kabel kopling mobil harus diganti karena mau putus. Apakah Anda yang salah karena tidak melakukan perawatan pada kopling ? atau mobil Anda sudah mulai tua ?. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai ciri kabel kopling mobil harus diganti secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Ketahui Ciri Kabel Kopling Mobil Harus Diganti Karena AUS

Ciri Kabel Kopling Mobil Harus Diganti Karena AUS
Ciri Kabel Kopling Mobil Harus Diganti Karena AUS

Bagi sebagian orang mobil menjadi andalan untuk menunjang aktivitas. Tim redaksi kami menerima pertanyaan dari seorang perempuan yang mempunyai Honda Jazz tahun 2007 berikut pertanyaan nya.

  1. Mobil saya yang sebelumnya Daihatsu Taruna tahun 2001 mengalami rem yang blong dan tali kopling yang selalu habis, mengapa hal itu bisa terjadi?. Padahal saya selalu cek rutin. Apakah ada yang salah saat saya berkendara?. Karena saya takut mobil yang sekarang seperti itu lagi.
  2. Ada yang bilang saat RPM menunjukkan posisi angka 3 baru pindah gigi untuk menghemat BBM Apakah itu benar?.
  3. Walau sudah di spooring balancing kenapa kadang-kadang jalannya masih tidak lurus?. Bagaimana menentukan bengkel yang bagus untuk masalah tersebut?.

Bagus sekali Jika kita mencoba menganalisis kejadian masa lalu sambil mencari tahu apa saja penyebabnya. Rem blong pada umumnya karena pemeliharaan yang kurang. Namun, jika kita sudah rutin mengikuti petunjuk buku service bisa saja terjadi akibat kesalahan pengendara.

Kopling bermasalah

Jika kita terlalu sering atau lama menggunakan rem maka rem akan menjadi terlalu panas. Hal ini bisa berakibat rem blong.  Contohnya jika di daerah pegunungan. Pada jalan yang menurun kita hanya mengandalkan rem untuk menahan laju kendaraan. Maka rem akan menjadi panas dan kemungkinan bisa blong.

Soal tali kopling yang cepat aus tiap mobil punya ciri masing-masing. Cepat tidaknya keausan komponen ini berbeda dari mobil yang satu dengan yang lain. Di sisi lain sebagai pengendara kita harus tahu hal-hal apa yang dapat juga hal apa yang sebaiknya dihindari. Misalnya kebiasaan kaki kiri menempel pada pedal kopling kebiasaan menginjak pedal kopling untuk waktu yang lama di tanjakan mengandalkan teknik setengah kopling dan lain-lain.

Hal ini mendorong kopling bekerja keras untuk waktu yang panjang. Tentunya komponen-komponen kopling akan menderita dan cepat mengalami keausan. Cobalah membiasakan diri untuk meletakkan kaki kita pada foot rest ketimbang menyandarkannya pada pedal kopling. Pada saat lampu merah atau macet yang berkepanjangan menetralkan persneling juga mengistirahatkan kopling dengan melepaskan pedal kopling.

Jika harus berhenti di tanjakan jangan gunakan teknik setengah kopling tapi membebaskannya memanfaatkan rem tangan atau rem parkir. Dan ketika akan mulai berjalan imbangi dengan melepas kopling dan rem parkir. Kami mengerti mengubah kebiasaan tidaklah mudah tapi demi menghindari kejadian pahit di masa lalu, kenapa tidak?.

Setel spooring mobil

Spooring zaman sekarang sudah memakai komputer sehingga kita berhak mendapatkan print out nya. Tapi itupun tidak menjamin apakah kita akan mendapatkan hasil yang akurat karena alat-alat tersebut perlu dikalibrasi secara rutin. Positifnya jika kendaraan kita sudah di spooring di toko ban atau bengkel tertentu dan mobil kita masih lari ke kiri atau ke kanan.

Kita masih berhak untuk kembali lagi dan minta mereka memeriksa dan merevisi setelannya. Nah, di sinilah dibutuhkan print out Tadi untuk dipelajari kemungkinan-kemungkinan dari masalah ini. Kami biasanya memilih toko ban yang besar atau rekomendasi teman karena mereka biasanya sangat berpengalaman dalam mengatasi hal-hal seperti ini.

Perlu diingat juga nariknya mobil kita ke arah tertentu bisa juga dipengaruhi oleh permukaan jalan. Jika permukaan jalan miring ke kiri maka akan terasa sedikit narik ke kiri. Tapi jika terus-menerus setir kita naik ke kiri kita boleh curiga sistem setir mobil Anda tidak ada spooring nya. Rem blong umumnya karena kurangnya pemeliharaan. Namun, jika sudah rutin mengikuti petunjuk buku service bisa saja terjadi akibat kesalahan pengendara.

Baca Juga: Cara Mengatasi Penyebab Rem Blong Mobil Matic

Penutup

Demikian sekilas yang dapat Fachri Otomotif bagikan, uraian tentang Ciri Kabel Kopling Mobil Harus Diganti Karena AUS. Dimana Anda telah mengetahui penyebab kerusakan kopling yang mungkin bisa terjadi pada mobil Anda. Semoga artikel ini bermanfaat serta dapat membantu para pembaca. Dan sampai jumpa lagi di artikel tips berikutnya. Sekian dan terimakasih telah mengunjungi fachriotomotif.com.

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *