Ini 5 Kelebihan dan Kekurangan Mobil Ayla Wajib Tahu

3 min read

Ini 5 Kelebihan dan Kekurangan Mobil Ayla Wajib Tahu
5
(1)

Fachri Otomotif, Ini 5 Kelebihan dan Kekurangan Mobil Ayla Wajib Tahu | Update lagi, setelah kemarin membuat artikel tentang Kelebihan dan Kekurangan Mobil Wuling. Hari ini kami ingin berbagi sedikit pengetahuan seputar kelebihan dan kekurangan mobil Ayla. Tulisan yang kami sajikan kali ini menceritakan dari pengguna tentang kelebihan dan kekurangan mobil Ayla. Daihatsu Alya ialah salah satu mobil andalan dari Daihatsu yang masuk ke dalam golongan LCGC atau Low Cost and Green Car, ini merupakan salah satu aturan yang diterapkan pemerintah akhir-akhir ini. Daihatsu Ayla pertama kali diperkenalkan di masyarakat pada tahun 2012di pagelaran Indonesia Motor Show 2012. Jadi, silahkan Anda baca artikel mengenai kelebihan dan kekurangan mobil Ayla agar wawasan anda semakin luas.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Ayla Wajib Anda Harus Tahu

Ini 5 Kelebihan dan Kekurangan Mobil Ayla Wajib Tahu
Daihatsu Ayla

Ayla memang sukses memikat hati para pengguna roda empat di Indonesia, bersama dengan Toyota Agya mobil keluaran Daihatsu ini jadi salah satu yang paling diminati masyarakat, terutama di segmen City Car. Selain memiliki harga yang terjangkau.

Performa Ayla dirasa sanggup memenuhi ekspektasi masyarakat yang sedang mencari mobil lincah, gesit, dan irit untuk kebutuhan aktivitas sehari-hari. Hal pertama yang akan kami bahas terkait Daihatsu Ayla adalah kelebihan yang dimiliki oleh mobil tersebut. Ini penting, bukan hanya untuk yang ingin membeli, namun juga yang ini jual mobil Ayla.

Kelebihan mobil ayla

Ini 5 Kelebihan dan Kekurangan Mobil Ayla Wajib Tahu
Kelebihan Mobil Ayla

Pertama, kami bahas terlebih dahulu soal kelebihan dari city car ini. Ayla bersama Agya menjadi mobil LCGC yang penjualannya laris manis. Daihatsu Ayla mempunyai beberapa kelebihan yang mampu membuat mobil ini sering dicari oleh para masyarakat yang pertama kali ingin memiliki mobil, baik baru maupun bekas.

1. Harga mobil Ayla yang murah

Salah satu kelebihan dari mobil Ayla ini yaitu harganya yang sangat murah dibanding mobil sekelasnya. Mobil ayla termasuk ke dalam golongan LCGC atau Low Cost Green Car. Beberapa waktu belakangan ini mobil dengan jenis LCGC memang gencar di produksi di Indonesia.

Harga dari mobil ayla ini berkisar dari harga 75 juta hingga 114 juta rupiah. Publik menobatkan mobil ini sebagai mobil termurah di golongan mobil sekelasnya. Untuk daihatsu ayla dengan mesin spesifikasi 1.0 liter, mulai dipasarkan dengan harga sekitar 76.5 juta rupiah. Harga ini berlaku untuk Ayla tipe D dengan menggunakan transmisi manual.

2. Irit konsumsi bahan bakar

Ayla sendiri ditawarkan dengan dua jenis mesin, pertama mesin 1,0 liter dan 1,2 liter. Kedua mesin ini sama iritnya, apalagi untuk kapasitas mesin 1,0 liter. Jika dilihat dari spesifikasinya, mesin 1,0 liter berkubikasi 998 cc DOHC, 3 silinder dan 12 katup termasuk jenis Low Cost Green Car (LCGC), yang konsumsi bahan bakarnya mencapai 20 kilometer per liter.

3. Kapasitas kabin cukup besar

Jika dilihat dari luar, mobil Daihatsu Ayla memang terlihat cukup kecil dan ringkas. Namun, jika Anda masuk ke dalamnya, maka Anda akan mengetahui bahwa kapasitas kabin mobil tersebut yang besar. Kapasitas mobil sendiri cukup hingga 4 orang. Jarak kaki penumpang ke joke depan terlibang sangat luas untuk ukuran mobil city car, mirip seperti menaiki sedan namun tanpa ‘bagasi buntut.’

4. Dilengkapi interior nyaman

Interior yang dihadirkan pada mobil Ayla memang tak sementereng jenis city car lain di segmen non-LCGC, namun untuk ukuran mobil murah interior yang ada pada mobil tersebut cukup mempuni juga. Di beberapa tipenya, tersedia opsi jok non kulit bagi Anda yang lebih menyukai jok dengan bahan fabric. Hal ini jugalah yang membuat harga jual mobil Ayla cukup tinggi di pasaran.

5. Suku cadang mudah ditemukan

Nama besar Daihatsu sebagai salah satu produsen mobil di Indonesia tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Sejak dahulu, masyarakat terbiasa menggunakan mobil-mobil pabrikan merk tersebut. Sehingga, sudah bisa dipastikan bahwa suku cadang untuk mobil-mobil keluarannya mudah ditemukan di berbagai wilayah di tanah air, dan ini jugalah yang jadi keunggulan mobil Daihatsu Ayla.

Simak Juga : Berapa Lama Air Radiator Mobil Habis Untuk Diisi ? 

Kekurangan mobil Ayla

Ini 5 Kelebihan dan Kekurangan Mobil Ayla Wajib Tahu
Kekurangan Mobil Ayla

Daihatsu Ayla terbaru, mendapat banyak gimmick untuk memikat hati konsumen. Dari segala kelebihan yang ada, Ayla masih memiliki beberapa kekurangan. Siapa tahu bisa menjadi bahan perbaikan untuk model selanjutnya.

1. Tidak ada ABS

Fitur yang dapat mencegah roda mengunci saat pengereman keras, sudah sangat penting tersemat di tengah ruwetnya lalu lintas kota. Roda mengunci, bisa menyebabkan tabrakan beruntun yang kerap terjadi di jalan tol. Toyota mulai sadar hal ini dan memasang ABS di Agya. Tapi sayang, tidak diikuti Daihatsu Ayla. Di semua varian Ayla hingga tertinggi sekalipun belum ada peranti ini.

2. Tidak semua tipe ada airbag

Fitur yang dapat mencegah roda mengunci saat pengereman keras, sudah sangat penting tersemat di tengah ruwetnya lalu lintas kota. Roda mengunci, bisa menyebabkan tabrakan beruntun yang kerap terjadi di jalan tol. Toyota mulai sadar hal ini dan memasang ABS di Agya. Tapi sayang, tidak diikuti Daihatsu Ayla. Di semua varian Ayla hingga tertinggi sekalipun belum ada peranti ini.

3. Immobilizer hanya Ada di Ayla 1.2

Seperti airbag, fitur keamanan immobilizer hanya tersedia di Ayla 1.2. Fitur yang sangat efektif mencegah atau memperlambat terjadinya curanmor. Bila Anda membeli Ayla 1.0, hati-hati karena masih mudah dibobol pencuri.

4. Tidak ada pembuka pintu bagasi

Soal yang kerap dikeluhkan tidak hanya pengguna Ayla saja, tapi seluruh model LCGC. Bertujuan memangkas harga jual, sehingga tidak tersemat fungsi pembuka pintu bagasi. Cara membukanya harus dengan anak kunci atau dari tuas di dalam kabin. Ya, seperti di sedan lawas.

5. Minim pengaturan posisi mengemudi

Posisi mengemudi Ayla kurang mantap dan tak asyik. Bagi pengemudi berpostur tinggi, jok Ayla membuat posisi semakin tinggi lagi dan letak setir tambah menjauh. Ditambah lagi tidak ada pengaturan ketinggian kursi dan tilt steering. Melelahkan saat dipakai jarak jauh. Harap dimaklumi, sebagai mobil perkotaan murah, Ayla lebih pas untuk pemakaian dalam kota saja.

Baca Juga: 10 Ini Deretan Mobil Terlambat di Dunia, Mau Coba ?

Penutup

Demikian sekilas yang dapat Fachri Otomotif bagikan, uraian tentang Ini 5 Kelebihan dan Kekurangan Mobil Ayla Wajib Tahu. Dimana Anda telah mengetahui kelebihan dan kelemahan mobil Ayla yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk mobil tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat serta dapat membantu para pembaca. Dan sampai jumpa lagi di artikel review berikutnya. Sekian dan terimakasih telah mengunjungi fachriotomotif.com.

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *