[Hindari] Penyebab Gigi Transmisi Cepat Aus Pada Mobil Manual

1 min read

Penyebab Gigi Transmisi Cepat Aus Pada Mobil Manual
0
(0)

Fachri Otomotif, Penyebab Gigi Transmisi Cepat Aus Pada Mobil Manual | Apakah Anda tahu tentang penyebab gigi transmisi cepat aus?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang penyebab gigi transmisi cepat aus pada mobil. Sebelum Anda membaca artikel dibawah ini, ada baiknya Anda juga membaca artikel tentang Ciri Kabel Kopling Mobil Harus Diganti Karena AUS. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai penyebab gigi transmisi cepat aus secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Penyebab Gigi Transmisi Cepat Aus Pada Mobil Manual dan Cara Mencegahnya

Penyebab Gigi Transmisi Cepat Aus Pada Mobil Manual

Dikutip dari sumber dari situs resmi Auto 2000, walaupun saat ini lagi tren menggunakan mobil bertransmisi automatic semakin hari makin populer, namun masih banyak juga lho yang menyukai atau mengendarai mobil bertransmisi manual. Hal ini terkait saat berkendara jarak jauh seperti mudik, ataupun berlibur. Mobil transmisi manual masih nyaman untuk dikendarai.

Seperti pada umumnya kita ketahui bersama, saat mengendarai mobil manual kita mempunyai sensasi yang berbeda saat mengendarai mobil automatic. Karena saat Anda mengendarai mobil manual Anda akan selalu melakukan perpindahan gigi dan menekan pedal kopling, karena kecepatan mobil benar-benar dibawah kendali driver.

Akan tetapi, ketika kita mengendarai mobil manual dihadapkan situasi jalanan yang macet atau padat saat mudik ataupun liburan panjang, tentunya mengendarai mobil manual menjadi suatu hal tantangan tersendiri oleh pengendara.

Maka dari itu penting untuk selalu mengecek kembali mengenai kebiasaan dan hal-hal buruk yang bikin kampas kopling Anda mudah aus saat berkendara. Karena apabila terjadi saat perjalanan dapat disimpulkan bisa merugikan serta membahayakan penumpang selain tentu pengendara juga.

Penyebab kampas kopling aus

Menurut Suparna Kepala Cabang Auto 2000 Cilandak, ada beberapa hal kebiasaan buruk driver mobil bertransmisi manual ini yang menyebabkan kampas kopling mudah sekali mengalami aus saat melakukan perjalanan jauh.

1. Dari beberapa kasus dari pemilik mobil transmisi manual adalah tidak menekan pedal kkopling secara benar saat melakukan perpindahan gigi, atau bahkan cenderung kasar saat melepas dan menekan.

Hal tersebut tanpa disadari akan membuat kondisi sentuhan plat atau piringan koplingnya pada roda gila (flywheel) akan lebih keras. Hal tersebut jika terjadi terus-menerus akan membuat aus pada sistem kopling terutama pada bagian torsiion damper di bagian plat kopling.

2. Kebiasaan pemilik mobil yang sering menahan setengah kopling saat berada di tanjakan. Kondisi tersebut diyakini akan membuat proses keausan pada kampas kopling terjadi lebih cepat.

Diperparah, hal tersebut akan membuat engine mounting atau karet-karet penahan mesin juga rusak sehingga getaran mesin akan sangat terasa. Jika hal itu terjadi maka biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan sangatlah mahal.

3. Kebiasaan pengendara mobil transmisi manual yang selalu meletakan kaki di pedal kopling saat mobil berjalan. Hal tersebut dilakukan, tanpa disadari bisa mempercepat keausan pada release bearing dan pelat piringan kopling.

Baca Juga: Ini Penyebab Persneling Mobil Manual Keras

Penutup

Demikian sekilas yang dapat Fachri Otomotif bagikan, uraian tentang Penyebab Gigi Transmisi Cepat Aus Pada Mobil Manual. Nah, bagi Anda yang memiliki mobil manual perlu diperhatikan lagi ya saat mengendarai serta tidak lupa jika artikel ini bermanfaat bisa Anda share ke teman atau saudara terdekat Anda. Semoga artikel ini bermanfaat serta dapat membantu para pembaca. Dan sampai jumpa lagi di artikel tips berikutnya. Sekian dan terimakasih telah mengunjungi fachriotomotif.com.

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *