Ini Penyebab Persneling Mobil Manual Keras

2 min read

Ini Penyebab Persneling Mobil Manual Keras
5
(1)

Fachri Otomotif, Ini Penyebab Persneling Mobil Manual Keras | Apakah Anda tahu tentang kenapa persneling mobil manual keras ?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang kenapa persneling mobil manual keras ?. Apakah Anda pernah mengalami persneling susah pindah ?. Ingin tahu bagaimana mengatasi hal tersebut. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai kenapa kok bisa persneling mobil manual keras secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Kenapa Penyebab Persneling Mobil Manual Keras atau Susah Pindah Gigi ?

Ini Penyebab Persneling Mobil Manual Keras
Ini Penyebab Persneling Mobil Manual Keras

Persneleng terasa keras ketika di gerakan ini terkadang pada posisi gigi tertentu atau bisa semua perpindahan gigi persneleng. Persneling terasa keras saat tuas transmisi bergerak untuk memindahkan gigi dan pergerakan yang terasa berat atau keras ini saat tuas transmisi bergerak maju dan mundur dari posisi gigi netral.

Berikut kami berikan beberapa jawaban atas pertanyaan yang masuk kedalam tim redaksi kami. Mungkin saja pertanyaan dari para pecinta blog fachri otomotif dibawah ini memiliki kesamaan kasus yang terjadi pada mobil Anda.

1. Bagaimana tips masuk persneling kesatu dan kedua yang kadang sulit atau keras ?

Kelihatannya kasus ini agak berbeda antara sulit masuk ke gigi 1 dengan sulit masuk ke gigi 2. jika sulit masuk gigi 1 ada dua kemungkinan antara lain kopling tidak mampu memposisikan transmisi ke kondisi free, sehingga sulit untuk masuk gigi. Tapi perlu diingat ada mobil-mobil yang tidak dilengkapi gigi 1 dengan sinkronizer.

Sehingga kalau kendaraan tidak berhenti total maka akan kesulitan memasukkan gigi. Bisa juga diartikan bahwa sinkronizer gigi 1 sudah tidak baik. Jika demikian maka dengan kasus sulitnya masuk ke gigi 2. Masalah ini sebaiknya segera diperbaiki. Sebagai langkah awal kerja kopling Apakah perlu diganti tentunya komplit set yaitu dengan cover, pilot bearing, dan release bearing. Jika tetap bermasalah maka transmisi sebaiknya dibongkar.

2. Berapa RPM atau putaran mesin yang dianjurkan agar perpindahan tersebut mudah dan irit BBM ?

Secara teori usahakan RPM serendah mungkin saat perpindahan gigi Untuk meringankan kerja sinkronizer yaitu kira-kira 2000-2500 RPM. Kecuali dipakai untuk balapan Itu sebabnya saat menginjak kopling dan memindahkan gigi. Pedal gas diangkat hal ini juga mempengaruhi pemakaian BBM.

3. Ada yang menyarankan kepada saya untuk mengganti oli persneling nya. Adakah pengaruh dari oli tersebut ?

Boleh dicoba, tapi rasanya tidak akan banyak membantu kecuali oli yang dipakai sekarang sesuai spesifikasi nya sangat menyimpang dari rekomendasi pabrik.

4. Apakah dibenarkan untuk menggunakan persneling dalam posisi netral dan hanya mengandalkan rem saja jika melewati turunan curam seperti di beberapa mal ?

Sebetulnya tidak terlalu salah karena di parkiran mall kita hanya berjalan pada kecepatan rendah. Tapi jika turunan cukup panjang dan curam sebaiknya memakai teknik engine break yakni memasukkan gigi 1 dan lepas kopling total. Hal ini sangat membantu kinerja rem sehingga rem tidak terus-menerus harus menahan beban kendaraan akibat gaya gravitasi.

5. Bagaimana tips jika mobil hendak berhenti seperti waktu masuk pintu tol, Apakah persneling boleh dinetralkan dalam kecepatan tinggi dan hanya mengandalkan rem saja ?

Hal ini sangat berbahaya karena hanya dengan mengandalkan kemampuan rem. Rem akan menjadi sangat panas. Sebaiknya turunkan kecepatan seiring dengan menurunkan posisi gigi secara bertahap. Ini sangat membantu kinerja rem dan jelas akan memperpanjang usia brake pads/brake shoes.

6. Bagaimana mengetahui boleh atau tidaknya melakukan pergantian persneling ke posisi yang lebih rendah jika hendak menyusul kendaraan lain dalam kecepatan tinggi ?

Teknik mengemudi dengan menurunkan gigi persneling untuk mendahului kendaraan di depan adalah untuk meningkatkan torsi. Hal ini sah-sah saja dilakukan dengan memperhatikan putaran mesin. Perlu diingat ketika bermain di putaran tinggi maka akan boros BBM.

Perlu dijaga jangan sampai putaran mesin terlalu tinggi apalagi sampai daerah Red Line atau batas maksimal putaran mesin pada techometer. Karena hal ini akan memperpendek usia mesin. Jika kendaraan di depan sudah kita didahului sebaiknya segera pindahkan gigi ke posisi yang lebih tinggi untuk menurunkan putaran mesin. Tentunya selaras dengan pemakaian BBM.

Baca Juga : Ciri Kabel Kopling Mobil Harus Diganti Karena AUS

Penutup

Demikian sekilas yang dapat Fachri Otomotif bagikan, uraian tentangPenyebab Persneling Mobil Manual Keras. Dimana Anda telah mengetahui cara mengatasi atau menghindari penyebab gigi persneling susah masuk gigi yang mungkin bisa terjadi pada mobil Anda. Semoga artikel ini bermanfaat serta dapat membantu para pembaca. Dan sampai jumpa lagi di artikel tips berikutnya. Sekian dan terimakasih telah mengunjungi fachriotomotif.com.

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *